Minggu, 27 Maret 2011

Pentingnya Administrasi Kesiswaan

Administrasi bidang kesiswaan mencakup ruang lingkup pencatatan data dan
pelaporan. Ditinjau dari segi pembinaan maupun segi penertiban administrasi,
masalah pencatatan data dan pelaporan ini sangat penting. Keduanya sama penting
dan saling berkaitan, dan untuk itu perlu disediakan format-format untuk menunjang
pencatatan dan pelaporan tersebut.

Pencatatan data berasal dari beberapa sumber yang diambil dari kegiatan
pencatatan pada :
1. Awal Tahun Pelajaran
a. Penerimaan Siswa Baru
· S-1 (Penerimaan Siswa Baru)
· S-2 (Daftar Calon Siswa Baru)
· S-3 (Daftar Siswa Baru)
2. Selama Tahun PElajaran
· S-4 ( Buku Induk)
· S-5 (Buku klaper)
· S-6 (Jumlah siswa menurut Asal,Kelas dan Jenis Kelamin)
· S-7 (Jumlah siswa menurut Usia,Kelas dan Jenis KElamin)
· S-8 (Papan Absensi siswa)
· S-9 (Buku Rekapitulasi Absensi Harian Siswa)
· S-10 ( Buku absensi bulanan)
· S-11 (Buku Rekapitulasi Tahunan Absensi siswa)
· S-12 (Surat permohonan pindah sekolah)
· S-13 (Surat Keterangan pindah sekolah)
· S-14 (Mutasi siswa selama semester)
3. Akhir Tahun Pelajaran
· S-15 (Daftar Calon peserta UAS)
· S-16 (Tanda peserta UAS)
· S-17 (Daftar peserta dan prestasi UAS)
· S-18 (Pendaftaran masuk SLTP)
· S-19 (Daftar Naik kelas)
· S-20 (Rekapitulasi berhasil tidaknya siswa)
Dari sinilah betapa pentingnya administrasi kesiswaan bagi sekolah
khususnya sekolah dasar.
5. Administrasi keuangan
Khusus dalam bidang adminitrasi kesiswaan, Kepala Sekolah bertanggungjawab atas
terlaksananya kegiatan :
1. Penerimaan siswa baru
2. Pengelompokan siswa
3. Kehadiran dan ketidak hadiran siswa di sekolah
4. Penilaian kemajuan siswa
5. Laporan kemajuan siswa
6. Naik tidaknya siswa
7. Bimbingan kepada siswa
8. Pelayanan kesehatan siswa
9. Mutasi siswa
Data dan informasi yang yang menggambarkan pertumbuhan dan
perkembangan siswa baik perorangan maupun kelompok perlu dihimpun, dicatat dan
diperlihara secara cermat dan teratur, sejak pertama kali siswa terdaftar di sekolah
sampai siswa tersebut meninggalkan sekolah.
Rangkaian kegiatan menghimpun, mencatat dan memelihara data informasi
mengenai siswa termasuk dalam bidang pelayanan ketata-usahaan sekolah.
Rangkaian kegiatan ini tidak selamanya dikerjakan Kepala Sekolah tetapi ia
melimpahkan sebagian pekerjaan ketata-usahaan kepada guru kelas dan pegawai tata
usaha.
Ikut sertanya guru kelas dalam hal mengerjakan urusan administrasi sekolah
secara keseluruhan adalah wajar, karena adminitrasi kelas merupakan bagian yang
tak terpisahkan daripada administrasi sekolah. Dengan demikian guru kelas tidak
dapat “melepaskan diri” dari urusan administrasi kelas dan sekolah, karena seorang
guru sekolah dasar, pada hakekatnya adalah seorang “administrator pendidikan”.
Yang membedakan seorang guru kelas dengan petugas-petugas sekolah dasar yang
lebih tinggi, hanya semata-mata tertentu pada soal luas bidang tugas yang
dihadapinya.
Berdasarkan uraian di atas, maka kepala sekolah dan guru kelas bersamasama
petugas ketatausahaan memikul tanggungjawab dalam hal mengurusi
adminitrasi kemuridan khususnya dalam menghimpun, mencatat, memelihara
data/atau informasi seluruh aspek perkembangan siswa.
PENTINGNYA ADMINISTRASI KESISWAAN
UNTUK SEKOLAH DASAR
Administrasi Sekolah Dasar yang tertib dan teratur, sangat diperlukan
untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi Kepala Sekolah dan
Guru . Peningkatana kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin
meningkatnya efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar. Dengan demikian
diharapkan program peningkatan mutu dan perluasan pendidikan dasar dalam
mewujudkan dan memantapkan pelaksanaan wajib belajar dapat terwujud.
Sekolah Dasar adalah salah satu jenis lembaga pendidikan yang ada
diantara bermacam-macam jenis lembaga pendidikan dalam masyarakat. Sebagai
salah satu jenis lembaga pendidikan, maka Sekolah Dasar merupakan wadah
pelaksanaan tugas-tugas yang berhubungan dengan teknis edukatif, dan tugas-tugas
dalam bidang administrative kea rah pencapaian tujuan pendidikan.
Tujuan akhir pendidikan murid di sekolah dasar adalah dimilikinya
“pengetahuan”, “ketrampilan”, dan “ sikap positif” yang diperoleh melalui penerapan
kegiatan-kegiatan kurikulum yang berlaku. Dengan kata lain melalui kurikulum,
murid dapat memiliki “pengetahuan”, “ketrampilan”, dan “ sikap positif” .
Usaha-usaha kegiatan kurikulum yang diselenggarakan kea rah
pencapaian tujuan pendidikan seperti disebutkan di atas dapat berjalan lancer dan
baik, bilamana ditunjang oleh system administrasi yang baik. Dengan demikian
melalui administrasi yang baik sebagai alat usaha pendidikan dan pengajaran sekolah
dasar dapat berjalan lancer dan baik, kea rah pencapaian tujuan pendidikan.
Melihat betapa pentingnya administrasi sebagai alat dalam
menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar, maka Kepala
Sekolah sebagai administrator pendidikan bertanggungjawab dalam penyelenggaraan
administrasi. Bidang-bidang yang tergolong dalam administrasi pendidikan meliputi :
1. Administrasi program pengajaran
2. Administrasi kesiswaan
3. Administrasi perlengkapan
4. Administrasi perlengkapan

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. thank u adminnya. di sekokahku dah ahli juga loh adminnya mpe dapet A+

    BalasHapus